in here... my self, my everthing, my live, my love

Facebook
RSS

Old Town in Surabaya

-
Septian Dwi

suasana kota tua jakartaWaktu berkunjung ke kota tua Jakarta, serasa aku kembali di masa tempoe duloe (poko'e klasik bgt). disana banyak sekali cagar budaya yang terawat salah duanya adalah museum Fatahilla dan museum Wayang ada lagi yang sungguh mengesankan yaitu pelabuhan rakyat dengan nama "Sunda Kelapa" cikal bakal berdirinya kota Jakarta. disana banyak sekali kapal kayu yang antik menambah suasana klasik disana.

Secara aku adalah orang Surabaya, melihat potensi yang ada di Jakarta aku jadi iri. Disana cagar budaya dan bangunan tua tertata rapi sedemikian dan menjadikan tempat alternatif untuk wisata kota tua. Seharusnya kota Surabaya itu meniru Jakarta, cagar budaya dan bangunan tua tidak kalah dengan yang ada di Jakarta. Disini (Surabaya) banyak bangunan tua dan pastinya bernilai sejarah tentang cikal bakal kemerdekaan bangsa Indonesia. kita tinjau saja di daerah utara Surabaya yang terkenal dengan sebutan Jembatan Merah, disitu banyak sekali bangunan tua yang kurang terawat padahal ditempat itu Jendral Inggris tewas tertembak (AWS. Mallaby), seharusnya dari tragedi itu sangat tepat untuk dijadikan wisata sejarah dan kota tua. tidak jauh dari tempat itu ada sebuah Geraja besar serta megah peninggalan kolonial Balanda yaitu "Santa Perawan Maria" , ada juga pelabuhan rakyat sama halnya dengan pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta yaitu pelabuhan rakyat "Kali Mas", dan stasiun "Semut" dan masih banyak lagi cagar budaya yang ada.

Tempat" itu mempunyai jarak yang tidak jauh satu sama lain, seharusnya pemerintah kota dapat mengolah potensi yang dimiliki oleh kota Surabaya ini, dengan cara membangun komplek kota tua dengan tatanan yang apik, rapi dan enak untuk dilhat khususnya untuk sarana bangunan yang terawat (menghilangkan kesan sangar) dan akses yang nyaman. dari situ obyek wisata Surabaya akan bertambah, gag hanya pantai ria kenjeran, kebun bintang saja. Dampak positif yang kita dapat jelas banyak, contonya banyak wisatawan yang mampir untuk melihat keeksotikan kota tua (pemasukan kota juga akan bertambah) dan untuk generasi muda (seperti aku ini) dapat mengenal sejarah dan para pahlawan yang mempertarukan nyawanya untuk kemerkaan bangsa kita (secara, Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Menghargai Pahlawanya), jelas jiwa nasionalisme generasi muda akan muncul.

Memeng se... gag semudah membalikan telapak tanggan, butuh kerja dan peran dari warga surabaya sendiri agar suatu program dapat terealisasi. oleh karena itu sebagia warga Surabaya yang baik dan peduli mari kita sama" merubah kota yang kita cintai ini untuk lebih baik kedepanya. Jika kota ini menjadi yang terbaik, maka kita juga ikut bangga sebagai warganya. dan terakhir pesan saya "Jadilah orang yang peduli, dengan peduli kita dapat mengguncang dunia".

sunda kelapa harbour
Ayooo...., kita berubah untuk Surabaya. (Pian)

3 Responses so far.

  1. Abu Zaeni says:

    salam kenal....
    kunjung balik...

    http://power-point7.blogspot.com/

  2. mksh mas..saya sudah mapir

  3. wah... aku baru tahu semua sejarah di surabaya gan.
    gue anak pasuruan gan.
    boleh juga itu ide tentang membangun komplek kota tua di surabaya, jadi buat wisata sekaligus mengenalkan sejarah pada generasi mudah.
    semangat....

Leave a Reply

    About Me

    Foto Saya
    Septian Dwi
    surabaya, jawa timur, Indonesia
    in here... my self, my everthing, my live, my love
    Lihat profil lengkapku
    Ada kesalahan di dalam gadget ini

    Follower my blog